Proposal Skripsi pedahuluan

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST

(PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Al Islam Surakarta

Tahun Ajaran 2011/2012)

 

Usulan Penelitian untuk Skripsi S-1

  Program Studi Matematika


 

Diajukan Oleh:

 

DYAH SUSILAWATI

A 410 080 144

 

 

 

 

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

2011

Usulan Penelitian

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST

(PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Al Islam Surakarta

Tahun Ajaran 2011/2012)

 

 Diajukan oleh :

DYAH SUSILAWATI

A 410 080 144

 

 

 

 

Telah disetujui oleh :

Pembimbing I,

 

Pembimbing II,

Dra. N.Setyaningsih,M.Si

Pada Tanggal :

Rita P. Khotimah, S. Si

Pada Tanggal :

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang Penelitian

Matematika menjadi sangat penting seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang memiliki nilai esensial yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Pembelajaran matematika yang berkualitas tidak lepas dari peran guru dan peserta didik. Guru dituntut mampu menciptakan situasi pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran studi matematika.

Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diukur dengan keberhasilan siswa mengikuti aktivitas pembelajaran tersebut. Keberhasilan itu dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan di kelas dan prestasi belajar matematika. Semakin banyak aktivitas dan bagus prestasi belajar matematika, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran matematika.

Suatu konsep dalam matematika akan mudah dipahami dan diingat oleh siswa bila konsep tersebut disajikan melalui prosedur dan langkah-langkah yang tepat, jelas dan menarik sehingga dapat merangsang perkembangan otak siswa.

Sebagian besar siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, menakutkan dan momok untuk mereka. Hal ini dapat kita lihat dari prestasi belajar siswa yang kurang memuaskan dibandingkan dengan pelajaran yang lainnya. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan karena aktivitas dalam pembelajaran matematika masih rendah.

Aktivitas di dalam kelas tidak hanya dari siswa tetapi juga memerlukan aktivitas guru. Guru juga diharapkan mampu membangkitkan aktivitas belajar siswa serta mampu membuat siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Kurang aktifnya guru dalam mendekati siswa serta membimbing siswa pada saat pelajaran berlangsung juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa.

Penggunaan model pembelajaran yang monoton masih dipakai guru (pendidik) sampai sekarang ini. Penggunaan model pembelajaran yang monoton membuat siswa jenuh dan akan berdampak pada aktivitas siswa dan prestasi belajar. Oleh karena itu, seorang guru harus dapat menerapkan berbagai model pembelajaran yang bervariasi yang dapat mempengaruhi cara belajar siswa yang pasif menjadi aktif dan membuat siswa tertarik bahkan tertantang untuk mempelajari materi.

Berdasarkan pengamatan siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta  kelas VII diketahui bahwa aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Setelah peneliti melakukan observasi pendahuluan ditemukan permasalahan antara lain : 1) keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat sebesar 17.86%, 2) keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan sebesar 32.14 %, 3) keberanian siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya sebesar 14.29 %, 4) prestasi belajar matematika siswa yang mencapai KKM ≥ 65 sebesar 39,28%.

Faktor-faktor yang mempengarui rendahnya aktivitas belajar matematika siswa kelas VII di tempat penelitian adalah 1) pembelajaran yang hanya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif  2) guru cenderung menguasai kelas sehingga siswa enggan untuk bertanya dan kurang leluasa untuk menyampaikan ide-idenya 3) siswa takut  bertanya kepada guru apabila belum memahami materi 4) siswa cenderung malas dalam menghadapi soal-soal yang menggunakan cara berpikir yang rumit.

Untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak berkelanjutan maka guru perlu menerapkan model pembelajaran yang sesuai atau tepat sehingga dapat mengatasi permasalahan dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam permasalahan adalah Go To Your Post.

Mel Silberman (2009: 88), Go To Your Post adalah sebuah strategi pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik pada permulaan suatu pelajaran. Strategi ini cukup fleksibel untuk digunakan bagi berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk merangsang minat awal dalam materi pelajaran.

Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dengan penerapan strategi pembelajaran go to your post. Penerapan strategi go to your post diharapkan dapat meningkatkan  aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika sehingga prestasi belajar juga meningkat.

  1. B.     Rumusan Masalah

Bardasakan uraiaan latar belakang masalah di atas, maka peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Adakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post untuk siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012?
  2. Adakah peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post untuk siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012?
  1. C.    Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini secara umum adalah untuk menguji dan menganalisis adakah peningkatan aktivitas dan prestasi  belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Go To Your Post.

Penelitian ini secara khusus memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.
  2. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Go To Your Post pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.
  1. D.    Manfaat Penelitian
    1. Manfaat Teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan pada pembelajaran matematika utamanya pada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran Go To Your Post.

  1. Manfaat Praktis
    1. Bagi siswa, diharap dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran Go To Your Post.
    2. Bagi guru, dapat memanfaatkan strategi pembelajaran Go To Your Post sehingga aktivitas dan prestasi belajar matematika dapat meningkat.
    3. Bagi sekolah, penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan dalam rangka perbaikan strategi pembelajaran matematika.
    4. Bagi penulis, dapat memperoleh pengalaman langsung dalam menerapkan pembelajaran matematika melalui strategi Go To Your Post.
  1. E.     Definisi Istilah
    1. 1.      Aktivitas Belajar Matematika

Aktivitas belajar matematika adalah segala perbuatan yang dirancang oleh guru untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa sehingga dapat mengalami perubahan tingkah laku yang tampak dari peningkatam kualitas seperti peningkatan kemampuan bertanya, menyelesaikan permasalahan, pengetahuan dan kemapuan yang lainnya.

Pada penelitian ini indikator aktivitas belajar matematika adalah mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan, dan mempresentasikan hasil pekerjaan.

  1. 2.      Prestasi Belajar Matematika

Prestasi belajar metematika diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengalami suatu proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Jadi, prestasi belajar matematika adalah hasil yang dicapai siswa setelah melaksanakan pembelajaran matematika. Pada penelitian ini prestasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil tes prestasi belajar siswa pada materi himpunan.

  1. 3.      Strategi pembelajaran Go To Your Post

Mel Silberman (2009: 88), Go To Your Post adalah sebuah strategi pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik pada permulaan suatu pelajaran. Strategi ini cukup fleksibel untuk digunakan bagi berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk merangsang minat awal dalam materi pelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s